A. Pengertian dan Karakteristik Komunikasi Kelompok
1. Pengertian Kelompok
Kelompok
dapat diartikan sejumlah
orang yg terlibat dlm interaksi pd suatu pertemuan tatap muka, di mana setiap
anggota mendapat kesan yg jelas, sehingga seseorang baik di saat timbul
pertanyaan maupun sesudahnya dpt memberikan tanggapan kepada yang lainnya.
Menurut ADLER & RODMAN, Kelompok adalah sekumpulan kecil orang yg saling
berinteraksi, biasanya tatap muka dlm waktu yg lama guna mencapai tujuan
tertentu. Ada 4 elemen kelompok yaitu: interaksi, waktu, ukuran, tujuan.
2.
Pengertian
Komunikasi Kelompok menurut para ahli
Menurut goldberg & larson, Komunikasi Kelompok adalah suatu bidang studi
penelitian & terapan yg secara umum tidak menitikberatkan perhatiannya pd
proses kelompok, tetapi pd tingkah laku individu dlm diskusi kelompok tatap
muka yg kecil.
Selain pengertian diatas burgoon & ruffner
juga memberikan definisi
mengenai komunikasi kelompok, yaitu interaksi tatap muka dr tiga atau lebih individu utk
memperoleh yg dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau
pemecahan masalah sehingga semua anggota dpt menumbuhkan karakteristik pribadi
anggota lainnya dgn akurat. (ada 4 unsur: interaksi tatap muka, jumlah
partisipan, tujuan & kemampuan anggota utk menumbuhkan karakteristik
anggota lainnya)
3. Karakteristik Komunikasi Kelompok
Karakteristik komunikasi dalam
kelompok ditentukan melalui dua hal, yaitu norma
dan peran.
Norma adalah kesepakatan dan perjanjian tentang bagaimana
orang- orang dalam suatu kelompok berhubungan dan berperilaku satu sama lainnya.
severin dan tankard
(2005: 220) menyebutkan ada dua jenis norma, yaitu deskriptif
dan perintah. Norma deskriptif
menentukan apa yang seharusnya dilakukandalam sebuah konteks, sedangkan
norma perintah menentukan apa yang
umumnya disetujuai oleh masyarakat.
Terdapat tiga kategori norma dalam
kelompok yaitu norma sosial, prosedural,
dan tugas. norma sosial mengatur hubungan dianatar anggota kelompok. Sedangkan
norma prosedural menguraikan secara
rinci bagaimana suatu kelompok mengambil keputusan, harus beroperasi, dan pada
akhirnya pada lkesepakatan kelompok. Norma
tugas mengatur bagaimana pekerjaan harus dilakukan ( sendjaja 2002: 3.6).
Peran
adalah aspek dinamis dari
kedudukan atau status. Menurut soerjono soekanto, seseorang telah
menjalankan peran apabila telh melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan
keduduknnya.
Menurut adler &
rodman peran dalam komuikasi
kelompok meliputi fungsi tugas dan pemeliharaan. Fungsi
Tugas yaitu pemberi informasi, pemberi pendapat, pencari informasi
dan pemberi aturan. Sedangkan Fungsi Pemeliharaan
meliputi pendorong
partisipasi, penyelaras, penurunan ketegangan, penanganan persoalan pribadi.
Menurut brilhart, ada 5
karakteristik komunikasi dalam kelompok, yaitu:
- Meliputi sekelompok kecil orang (2-20) sehingga setiap orang menjadi sadar & mampu bereaksi terhadap yang lainnya.
- Untuk keberhasilan pencapaian tujuan setiap orang harus terikat dalam kondisi saling ketergantungan.
- Setiap orang harus mempunyai rasa saling memiliki & mengidentifikasi diri dengan anggota kelompok lain.
- Interaksi secara oral, walau tidak seluruh interaksi berlangsung secara oral, tapi yang signifikan melalui pembicaraan.
- Perilaku didasarkan pd norma-norma, nilai & prosedur yg diterima tiap anggota.
- Prinsip dasar komunikasi kelompok
Kelompok merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari
aktivitas kita sehari-hari. Kelompok baik yang bersifat primer maupun sekunder,
merupakan wahana bagi setiap orang untuk dapat mewujudkan harapan dan keinginannya
berbagi informasi dalam hamper semua aspek kehidupan. Ia bias merupakan media
untuk mengungkapkan persoalan-persoalan pribadi (keluarga sebagai kelompok
primer), ia dapat merupakan sarana meningkatkan pengethuan para anggotanya
(kelompok belajar) dan ia bias pula merupakan alat untuk memecahkan persoalan
bersama yang dihadapi seluruh anggota (kelompok pemecahan masalah). Jadi,
banyak manfaat yang dapat kita petik bila kita ikut terlibat dalam seuatu
kelompok yang sesuai dengan rasa ketertarikan (interest) kita. Orang yang
memisahkan atau mengisolasi dirinya dengan orang lain adalah orang yang
penyendiri, orang yang benci kepada orang lain (misanthrope) atau dapat
dikatakan sebagai orang yang antisosial.
Ada empat elemen yang muncul dari definisi yang dikemukakan oleh Adler dan Rodman tersebut, yaitu :
Elemen pertama adalah interaksi dalam komunikasi kelompok merupakan faktor yang penting, karena melalui interaksi inilah, kita dapat melihat perbedaan antara kelompok dengan istilah yang disebut dengan coact. Coact adalah sekumpulan orang yang secara serentak terkait dalam aktivitas yang sama namun tanpa komunikasi satu sama lain. Misalnya, mahasiswa yang hanya secara pasif mendengarkan suatu perkuliahan, secara teknis belum dapat disebut sebagai kelompok. Mereka dapat dikatakan sebagai kelompok apabila sudah mulai mempertukarkan pesan dengan dosen atau rekan mahasiswa yang lain.
Elemen yang kedua adalah waktu. Sekumpulan orang yang berinteraksi untuk jangka waktu yang singkat, tidak dapat digolongkan sebagai kelompok. Kelompok mempersyaratkan interaksi dalam jangka waktu yang panjang, karena dengan interaksi ini akan dimiliki karakteristik atau ciri yang tidak dipunyai oleh kumpulan yang bersifat sementara.
Elemen yang ketiga adalah ukuran atau jumlah partisipan dalam komunikasi kelompk. Tidak ada ukuran yang pasti mengenai jumlah anggota dalam suatu kelompok. Ada yang memberi batas 3-8 orang, 3-15 orang dan 3-20 orang. Untuk mengatasi perbedaan jumlah anggota tersebut, muncul konsep yang dikenal dengan smallness, yaitu kemampuan setiap anggota kelompk untuk dapat mengenal dan memberi reaksi terhadap anggota kelompok lainnya. Dengan smallness ini, kuantitas tidak dipersoalkan sepanjang setiap anggota mampu mengenal dan memberi rekasi pada anggota lain atau setiap anggota mampu melihat dan mendengar anggota yang lain/seperti yang dikemukakan dalam definisi pertama.
Elemen terakhir adalah tujuan yang mengandung pengertian bahwa keanggotaan dalam suatu kelompok akan membantu individu yang menjadi anggota kelompok tersebut dapat mewujudkan satu atau lebih tujuannya.
Ada empat elemen yang muncul dari definisi yang dikemukakan oleh Adler dan Rodman tersebut, yaitu :
Elemen pertama adalah interaksi dalam komunikasi kelompok merupakan faktor yang penting, karena melalui interaksi inilah, kita dapat melihat perbedaan antara kelompok dengan istilah yang disebut dengan coact. Coact adalah sekumpulan orang yang secara serentak terkait dalam aktivitas yang sama namun tanpa komunikasi satu sama lain. Misalnya, mahasiswa yang hanya secara pasif mendengarkan suatu perkuliahan, secara teknis belum dapat disebut sebagai kelompok. Mereka dapat dikatakan sebagai kelompok apabila sudah mulai mempertukarkan pesan dengan dosen atau rekan mahasiswa yang lain.
Elemen yang kedua adalah waktu. Sekumpulan orang yang berinteraksi untuk jangka waktu yang singkat, tidak dapat digolongkan sebagai kelompok. Kelompok mempersyaratkan interaksi dalam jangka waktu yang panjang, karena dengan interaksi ini akan dimiliki karakteristik atau ciri yang tidak dipunyai oleh kumpulan yang bersifat sementara.
Elemen yang ketiga adalah ukuran atau jumlah partisipan dalam komunikasi kelompk. Tidak ada ukuran yang pasti mengenai jumlah anggota dalam suatu kelompok. Ada yang memberi batas 3-8 orang, 3-15 orang dan 3-20 orang. Untuk mengatasi perbedaan jumlah anggota tersebut, muncul konsep yang dikenal dengan smallness, yaitu kemampuan setiap anggota kelompk untuk dapat mengenal dan memberi reaksi terhadap anggota kelompok lainnya. Dengan smallness ini, kuantitas tidak dipersoalkan sepanjang setiap anggota mampu mengenal dan memberi rekasi pada anggota lain atau setiap anggota mampu melihat dan mendengar anggota yang lain/seperti yang dikemukakan dalam definisi pertama.
Elemen terakhir adalah tujuan yang mengandung pengertian bahwa keanggotaan dalam suatu kelompok akan membantu individu yang menjadi anggota kelompok tersebut dapat mewujudkan satu atau lebih tujuannya.
2 komentar:
artikel yang sangat bagus dan menarik . Terimakasih untuk inforasinya , ditunggu postingan berikutnya yaSalam
info try out gratis
https://marketing.ruangguru.com/uji
Posting Komentar