Jumat, 23 Desember 2011

Fenomena Boys/Girls Band Di Indonesia


gaya Korea kembali mencuat dalam pergaulan anak muda. Akhir-akhir ini begitu genjar bermunculannya boy/girls band yang mengikuti korea dalam penampilan dan gaya bermusikya yaitu KPOP. saat ini Pasti anak muda sudah tidak asing mendengar tentang Smash, Max 5, 7 Icons, dan Cherry Belle, serta masih banyak lagi boy/girls band lainnya yang mengkontaminasi para kaum muda di Indonesia. Trend boy/ girls band di Indonesia sangat terlihat jelas bagaimana mereka hampir setiap saat menghiasi laya rkaca pemirsa Indonesia dalam berbagai acara music yang disiarkan oleh beberapa stasion televise yang ada. Fenomena Boy/Girls Band Korea di Indonesia tak lantas diterima begitu saja oleh para remaja, karena awalnya mereka berpikir bahwa Indonesia tidak bisa kreatif, Tapi seiring semakin bertambanhnya Boy/Girls Band baru, para penggemar ini pun sudah bisa menerima kehadiran band yang mengikuti gaya ala Korea itu.

Boy/Girls Band memang menjalar ke berbagai kalangan anak muda. Ada pro dan kontra tentang kehadiran mereka di jagad musik Indonesia. Ada yang mengidolakan dengan sangat luar biasa, hingga penampilan, sampai gaya bicara mereka pun diikuti dengan lantang.  Satu diantaranya adalah Eka Nofianti, mahasisiwi Jurusan pendidikan Sosiologi di UNY yang berhasil saya wawancarai. Menurutnya boys/girls band asal Korea yang kini kian dinikmati wanita muda Jakarta, menampilkan ragam gaya busana, serta mempunyai paras tampan, semakin mempesona. “Cowoknya ganteng-ganteng, bajunya keren-keren, dan lagunya ga ngebosenin,” ungkapnya tersenyum.  

Dari dulu di negeri dengan etnis homogen yang juga terkenal dengan serial dramanya itu, Boy/Girls Band-nya memiliki kreatifitas, serta keseriusan dalam menggarap sebuah lagu, salah satunya adalah Super Junior alias Suju, bintang Korea yang melejit lewat album keempat, Bonamana.
Penampilan baik serta kekompakan Boy/Girls Band yang anggotanya bisa mencapai lima sampai delapan orang, membuat menarik perhatian kaum hawa. “Tariannya bagus-bagus, setiap Boy Band punya musik sendiri, dan gayanya beda-beda, mempunyai ciri khas tertentu,” kata Eka.

Jika dibandingkan Boy/Girls Band dengan Indonesia, menurut Eka, boy band Indonesia demam mengikuti trend Korea. “Keseriusan dalam menggarap lagu jangan hanya demam, ikut-ikutan trend yang sedang berkembang,” harapnya.

Disalah satu telivisi swasta, drama Korea bisa tiga kali dalam satu hari ditayangkan. Sound trek dalam drama Korea yang sangat enak didengar membuat ketertarikan pada Boy/Girls Band.  

Namun penampilan mereka pun mengundang kontra tentang keberadan Boy/Girls Band di Indonesia. Akhmad Harun, salah satu mahasiswa di UNY menilai,  Boy/Girls Band di Indonesia belum layak disebut Band. Pasalnya, dari segi kreatifitas Boy/Girls Band pun masih perlu dipertanyakan. “Boy/Girls Band Indonesia tidak kreatif dalam mencipta sebuah lagu, kebanyakan hanya meniru dari bintang-bintang Korea yang ada lebih dahulu.  Hanya sangat kreatif mengunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, cuma gayanya ga bagus-bagus amat, terlalu heboh saat tampil dan lebih tepatnya mereka hanya menang tampang,” ungkap Harun.

4 komentar:

pertanyaannya, apakah anda suka dengan boyband/girlband yang menjamur di indonesia? :D

hahaha,,keren sid..namaku terpampang diartikelmu..hehe
Aku lebih suka Boys dan Girls band korea karena mereka total disetiap penampilan mereka, ga jaim gitu...sebelum debut ja trainingnya ampe 2-3 tahun...pokoknya bener-bener dilatih, baik itu vokal, dance, akting, model, dll. Super junior ja njalanin training dari pertengahan 90-an n baru debut ngeluarin album tahun 2005. Bandingkan dengan boys dan girls band Indonesia yang serba instan, tau-tau nongol ngeluarin album,,,hehe..mereka juga sering lipsink/playback...(masa penyanyi waktu manggung g nyayi ?), berbeda ma BB & GB korea, mereka g pernah yg namanya playback(bisa2 kena marah fansnya).
Dengan kata lain mereka tidak hanya menjual tampang saja. G heran kalo demam korea ampe ke Amerika, eropa, timur tengah, australia.
yah semoga ja BB & GB Indonesia bisa mengikuti jejak mereka n mampu bersaing.
hidup musik Indonesia !!!

walaupun begitu harus kita dukung juga....
tapi jangan niru tow plagiat..

Posting Komentar